Sabtu, 22 Juni 2013

Movie Tool & Subtitle

Menonton film adalah cara terbaik untuk mengisi waktu luang dan menghilangkan stress. Namun jika subtitle filmnya berbahasa selain bahasa Indonesia (apalagi jika anda kurang paham dengan artinya) malah akan mengurangi kenyamanan anda menonton. Kali ini saya akan membagikan sedikit software yang ada kaitannya dengan film dan edit subtitle.

Subtitle editor adalah alat program yang memungkinkan anda untuk mengedit subtitle suatu video/movies, subtitle ditandai dengan warna yang berbeda. Sinkronisasinya dengan suara dalam file film atau video salah satunya menggunakan gelombang dan masih banyak lagi. Berikut ini tool yang biasa saya gunakan setelah mendownload sebuah film (materi dirangkum dari berbagai sumber).

HjSplit


HjSplit merupakan salah satu software yang bisa dibilang membantu kita untuk memecahkan beberapa file besar menjadi bagian-bagian yang sangat kecil dan sama rata. Biasanya ini digunakan untuk memecahkan software agar mudah di upload dengan ukuran yang relatif kecil.

Selain memecahkan file, software HjSplit ini juga bisa anda gunakan untuk menggabungkan file yang dipecah-pecahkan oleh software ini sendiri tentunya dengan menyimpan file yang sama di satu lokasi (folder) yang sama.


Subtitle Workshop


Subtitle Workshop merupakan salah satu aplikasi subtitling yang banyak dipakai oleh subtitler profesional di Indonesia. Tampilannya sederhana, mudah digunakan, dan memiliki kolom khusus translator sehingga memudahkan kita untuk membuat lebih dari 1 bahasa subtitle sekaligus. Baik subtitle original maupun yang hasil terjemahan, dua-duanya dapat di-save secara terpisah untuk kemudian digunakan sesuai kebutuhan.


Kotsub


Software buatan Indonesia ini sebenarnya hampir mendekati sempurna, karena memiliki fungsi menambah, mengurangi, dan mereset timing subtitle dalam menit dan detik, kekurangan dari kotsub ini adalah tidak bisa mengurangi, menambah timing pada milisecond/milidetik.



0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates